Kesabaran dalam Menjalankan Haji Furoda

Kesabaran dalam Menjalankan Haji Furoda

Kesabaran dalam Menjalankan Haji Furoda – Haji furoda adalah tiket haji yang langsung dikirimkan oleh surat undangan dari kerajaan Arab Saudi. Jadi, ini seperti mendapatkan akses VIP yang berbeda dari kuota biasa yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi untuk warga Indonesia yang hendak berhaji.

Menjalani haji melalui jalur furoda adalah sebuah berkah yang luar biasa dan layak disyukuri. Bagaimana tidak, seorang muslim bisa menghemat waktu tunggu yang panjang sebelum panggilan ibadah haji datang.

Seperti yang kita tahu, kesabaran itu memiliki tiga bentuk:

  • Kesabaran dalam melaksanakan segala kewajiban kepada Allah ‘Azza Wajalla.
  • Kesabaran dalam menahan diri dari godaan maksiat.
  • Kesabaran dalam menerima segala takdir yang Allah ‘Azza Wajalla tentukan.

Jadi, baik itu haji furoda maupun haji reguler, seorang muslim membutuhkan porsi kesabaran yang besar. Baik dalam menunggu panggilan maupun saat menjalankan ibadah haji itu sendiri. Allah ‘Azza Wajalla berjanji memberikan pahala yang luar biasa bagi mereka yang bersabar. Sebagaimana tertuang dalam sebuah ayat:

“Bersabarlah (Nabi Muhammad) dan kesabaranmu itu semata-mata dengan (pertolongan) Allah. Janganlah bersedih terhadap (kekufuran) mereka. Dan jangan (pula) bersempit dada terhadap tipu daya yang mereka rencanakan.” (QS. An-Nahl: 127)

Di ayat lainnya pun dijelaskan:

“Akan tetapi, sungguh siapa yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang (patut) diutamakan.” (QS. Asy-Syura: 43)

Al-Hasan Al-Bashri rahimahullahu mengatakan:

“Kesabaran adalah kunci semua kebaikan yang tidak Allah berikan, kecuali kepada hamba-Nya yang mulia di sisi-Nya.” (Ash-Shabru Wal Tsawab ‘Alaih karya Ibnu Abid Dunya, hal. 27)

Tantangan kesabaran saat melaksanakan ibadah haji merupakan suatu kewajiban yang unik dan memiliki alasan tersendiri. Seorang haji harus melatih kesabaran dalam menjalankan rangkaian manasik haji, meskipun fasilitas yang diperoleh dalam haji furoda tidak jauh berbeda dengan jemaah haji lainnya. Namun, dalam hal ini diperlukan kesabaran yang besar.

Mengapa?

Karena di situlah ia akan menuai pahala yang begitu luar biasa. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, ketika ditanya oleh ibunda ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha tentang amalan jihad yang paling utama, beliau menjawab:

“Bukan, justru amalan jihad yang utama adalah haji mabrur.” (HR. Bukhari no. 1520)

Ungkapan tersebut dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ditujukan untuk memberikan pengajaran kepada ibunda ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha dan kaum muslimah bahwa bentuk jihad yang paling utama bagi mereka adalah melaksanakan ibadah haji. Namun, dari sini kita dapat memperoleh pelajaran berharga bahwa ibadah haji membutuhkan semangat jihad (perjuangan).

Syekh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullahu menjelaskan,

“Bagi wanita, jihad yang lebih utama bagi mereka adalah haji. Sementara bagi laki-laki, jihad fii sabilillah lebih utama dibandingkan haji, kecuali haji yang wajib. Maka, (tetap) itu lebih utama dibandingkan jihad di jalan Allah. Karena haji yang wajib merupakan salah satu rukun Islam.” (Syarh Riyadh Al-Shalihin, 5: 323)

Demikian pula bagi seorang jemaah haji furoda, ia dihadapkan pada tuntutan untuk bersabar dalam meninggalkan segala bentuk kemaksiatan, sehingga ibadah hajinya menjadi sebuah ibadah haji yang mabrur.

Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullahu pernah menjelaskan tentang kriteria haji yang mabrur, beliau menyebutkan bahwa Ibadah haji yang mabrur terdiri dari beberapa hal:

  1. Niat yang ikhlas semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT, tanpa mengharapkan pujian manusia atau hanya untuk sekadar disebut sebagai seorang haji,
  2. Melaksanakan ibadah haji dengan sepenuh tenaga, mengikuti petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,
  3. Memperhatikan bahwa pengeluaran untuk haji berasal dari harta yang halal dan tidak terlarang.

Semoga Allah Ta’ala melimpahkan kesempatan kepada kita untuk menjalankan ibadah haji bersama orang-orang terkasih, dan menjadikannya sebagai haji yang mendapat ridho-Nya. Amiin.

Untuk Anda yang ingin menggunakan Haji Furoda 2024, silahkan hubungi Admin Kami untuk mendapatkan penawaran spesial.

Baca Juga:

Scroll to Top

Dapatkan Penawaran Lengkap Haji Furoda 2024/1445 H

Silahkan isi formulir berikut ini, Kami akan mengirimkan file penawaran lengkap Haji Furoda 2024 melalui email/WA yang Bapak/Ibu Isi.
Contoh: Palembang, Sumsel