Masjid Populer di Dunia yang Menakjubkan

10 Masjid Populer di Dunia yang Menakjubkan

10 Masjid Populer di Dunia yang Menakjubkan – Masjid merupakan tempat suci dan pusat ibadah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Dengan keunikan arsitektur dan nilai religius yang mendalam, beberapa masjid telah mencuri perhatian banyak orang dan menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai belahan dunia. Dalam artikel ini, kita akan mengenali sepuluh masjid populer yang menakjubkan di berbagai negara dan benua.

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah salah satu dari dua masjid suci Islam yang paling penting dan dihormati oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Terletak di kota suci Makkah, Arab Saudi, masjid ini menjadi tempat tujuan bagi jutaan umat Muslim setiap tahunnya yang melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Merupakan bangunan besar di dunia yang mampu menampung lebih dari dua juta jamaah dalam satu waktu, Masjidil Haram juga menaungi Ka’bah, kiblat utama bagi seluruh umat Islam di dunia. Kombinasi keindahan arsitektur modern dengan nilai religius yang mendalam menjadikan Masjidil Haram sebagai salah satu tempat suci yang paling mengesankan di dunia.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini dalam rangka ibadah Haji, Anda bisa gunakan layanan Haji Furoda 2024 yang Kami tawarkan. Silahkan chat untuk info lebih lanjut.

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi, atau Masjid Rasulullah, terletak di kota suci Madinah, Arab Saudi, dan merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi Nabi Muhammad SAW. Masjid ini memiliki arti besar bagi umat Islam karena selain menjadi tempat peribadatan, juga sebagai tempat bersejarah bagi perkembangan awal Islam.

Pada awalnya dibangun dengan konstruksi sederhana, kini Masjid Nabawi telah mengalami renovasi berulang kali dan menjadi masjid megah yang mampu menampung ribuan jamaah dalam kompleks utamanya. Kubah hijau dan langit-langitnya yang indah mencerminkan nuansa ketenangan dan kedamaian, menjadikan Masjid Nabawi sebagai salah satu tempat suci paling dihormati dalam Islam.

3. Masjid Biru Istanbul

Masjid Biru, juga dikenal sebagai Masjid Sultan Ahmed, terletak di Istanbul, Turki, dan menjadi salah satu contoh arsitektur keindahan Timur Tengah. Dibangun pada abad ke-17, masjid ini menonjolkan keindahan unik dengan kombinasi ubin biru dan putih yang menakjubkan pada dinding interior masjid.

Kubah-kubah dan menara berbentuk lentera yang menonjol memberikan pesona yang tak tertandingi, membuat Masjid Biru menjadi salah satu ikon kota Istanbul dan tujuan wisata populer. Masjid Biru juga berfungsi sebagai tempat ibadah aktif, menarik jamaah dan wisatawan dari seluruh dunia untuk merasakan keajaiban seni Islam yang menakjubkan.

4. Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa adalah salah satu tempat suci paling penting dalam Islam, terletak di kota suci Yerusalem. Merupakan tempat bersejarah bagi Nabi Muhammad SAW saat melakukan perjalanan malam dari Makkah ke Yerusalem dan naik ke langit dalam peristiwa Isra’ dan Mi’raj.

Selain makna religiusnya, masjid ini juga memiliki nilai sejarah yang luar biasa karena pernah menjadi pusat pemerintahan Islam di masa kejayaannya. Struktur arsitekturnya yang megah mencerminkan pengaruh gaya Umayyah dan Abbasiyah, menambah daya tarik bagi para pengunjung.

Keindahan masjid ini, ditambah dengan kota Yerusalem yang kaya sejarah, menjadikan Masjid Al-Aqsa sebagai tempat yang wajib dikunjungi bagi para peziarah dari berbagai belahan dunia.

5. Masjid Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed, juga dikenal sebagai Masjid Besar Sheikh Zayed, terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan merupakan salah satu masjid paling mengesankan di dunia.

Dibangun sebagai monumen untuk menghormati pendiri negara dan pemimpin pertama Uni Emirat Arab, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, masjid ini mencerminkan keharmonisan dan persatuan yang dia anjurkan selama hidupnya.

Arsitekturnya yang megah dengan kubah marmernya yang indah, dinding interior yang dihiasi dengan ukiran emas dan kristal, serta sajadah permadani yang eksklusif menjadikan masjid ini sebagai contoh gemilang seni Islam modern. Masjid Sheikh Zayed juga mampu menampung ribuan jamaah dan menjadi tujuan utama bagi para peziarah dan wisatawan.

6. Masjid Hassan II

Masjid Hassan II, terletak di Casablanca, Maroko, adalah salah satu masjid terbesar di dunia dan menonjolkan keindahan arsitektur Islam dengan sentuhan modern. Dibangun menghadap Samudra Atlantik, masjid ini mencakup elemen-elemen unik seperti kubah kaca yang indah dan menara setinggi 210 meter yang memberikan pemandangan spektakuler.

Bagian lantai masjid juga transparan, memungkinkan jamaah untuk melihat lautan di bawah kaki mereka ketika melaksanakan salat. Keindahan dan keunikan Masjid Hassan II menarik ribuan pengunjung dari berbagai negara untuk menyaksikan keajaiban arsitektur Islam yang luar biasa.

7. Masjid Hagia Sophia

Masjid Hagia Sophia, atau dikenal juga sebagai Ayasofya, adalah salah satu monumen sejarah paling penting di Istanbul, Turki. Awalnya dibangun sebagai gereja pada abad ke-6, kemudian diubah menjadi masjid pada abad ke-15 setelah penaklukan kota oleh Kesultanan Utsmaniyah.

Saat ini, Hagia Sophia menjadi museum yang menampilkan elemen arsitektur Bizantium yang mengesankan, seperti kubah besar dan mozaik cantik. Kekayaan sejarah dan kebudayaan yang dimiliki Hagia Sophia menjadikannya tempat yang menarik bagi para wisatawan dan peneliti sejarah dari seluruh dunia.

8. Masjid Jama

Masjid Jama, terletak di Delhi, India, adalah salah satu masjid terbesar dan paling indah di India. Dibangun oleh Kaisar Shah Jahan pada abad ke-17, masjid ini mencerminkan kemegahan Kekaisaran Mughal pada masa lalu.

Dengan menggunakan marmer putih dan merah di eksterior, serta interior yang megah dengan lantai dari permadani, Jama Masjid memancarkan pesona seni dan arsitektur Islam klasik. Saat hari Jumat dan perayaan besar Islam, ribuan jamaah berkumpul di masjid ini untuk melaksanakan salat berjamaah. Hal ini mencerminkan signifikansi Jama Masjid sebagai pusat ibadah dan budaya bagi masyarakat Muslim di India.

9. Masjid Putra

Masjid Putra, juga dikenal sebagai Masjid Besi, terletak di Putrajaya, Malaysia, dan menjadi ikon modern arsitektur Islam di negara ini. Dengan menggabungkan desain Mughal, Turki, dan Arab, masjid ini menciptakan keunikan tersendiri.

Menara-menara yang elegan, kubah-kubah megah, dan ornamen seni yang indah membuat Masjid Putra menjadi salah satu tempat paling menarik di Putrajaya. Terletak di tepi Danau Putrajaya, masjid ini mencerminkan harmoni antara alam dan keagamaan, menciptakan suasana yang damai dan menenangkan bagi pengunjungnya.

10. Masjid Istiqlal

Masjid populer di dunia terakhir dalam daftar adalah masjid Istiqlal yang ada di Indonesia.

Masjid Istiqlal merupakan salah satu masjid populer yang terletak di ibu kota Indonesia, yaitu Jakarta. Masjid ini merupakan simbol penting bagi keberagaman dan kerukunan umat beragama di Indonesia. Dibangun pada tahun 1978, Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara.

Arsitektur Masjid Istiqlal memadukan gaya modern dengan sentuhan seni tradisional Islam. Menara-menara tinggi dan kubah megah memberikan ciri khas masjid ini yang menjulang tinggi di langit Jakarta. Dindingnya yang mengkilap dengan warna putih mencermin kesucian dan kemurnian ajaran Islam.

Masjid Istiqlal juga memiliki kapasitas yang besar dan mampu menampung ribuan jamaah dalam satu waktu. Bagian dalamnya terdiri dari ruang shalat yang luas dan terbuka, memberikan kenyamanan bagi para jamaah yang datang untuk beribadah.

Baca Juga:

Scroll to Top

Dapatkan Penawaran Lengkap Haji Furoda 2024/1445 H

Silahkan isi formulir berikut ini, Kami akan mengirimkan file penawaran lengkap Haji Furoda 2024 melalui email/WA yang Bapak/Ibu Isi.
Contoh: Palembang, Sumsel