Haji Furoda Sesuai Sunnah

Rapat Komisi 8 DPR Bersama Amphuri, Kesthuri dan Sapuhi tentang Visa Haji Furoda

Haji Furoda, haji Tanpa Antri dengan Visa Haji Furoda. Berikut ini adalah kami kutip rangkuman rapat Komisi 8 DPR RI bersama Amphuri, Kesthuri dan Sapuhi mengenai Visa Haji Furoda sebagai informasi bersama yang dapat memberikan pencerahan bagi kita semua.

Tanggal Rapat: 27 Nov 2018, Ditulis Tanggal: 28 Dec 2018,
Komisi/AKD: Komisi 8 , Mitra Kerja: Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri)

Sodik, anggota DPR RI fraksi Jawa Barat 1 membuka RDPU dengan Sekretaris Jenderal Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia (Kesthuri) dan Sekretaris Jenderal Serikat Penyelenggara Umroh Haji Indonesia (Sapuhi) dan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) pada 27 November 2018 pukul 13:27 WIB

Sebagai pengantar rapat, Sodik menyampaikan untuk diberikan penjelasan mengenai jamaah haji yang menggunakan visa haji furoda serta pelayanan dan hambatan yang ada. Sodik menuturkan sebab terdapat bab dalam UU tentang furoda dan nanti akan mengundang narasumber tentang furoda dari satu asosiasi dan Duta Besar Indoneisa di Saudi Arabia.

Pemaparan Mitra
Berikut merupakan pemaparan mitra:

Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia (Kesthuri) → Sekretaris Jenderal

  • Sudah menjadi kenyataan dalam 5 tahun terakhir dan ada fenomena visa haji furoda dan masih banyak kalangan yang memiliki persepsi berbeda dan akan menjelaskan visa haji furoda.
  • Visa haji furoda adalah visa haji non kuota yang sifatnya legal dan diterbitkan oleh Saudi Arabia. Sebelumnya pernah dikenal dengan undangan kerajaan yaitu sebuah undangan yang diberikan oleh tokoh-tokoh muslim di dunia beserta paket perjalanannya. Untuk sumber visa furoda berasal dari lembaga-lembaga instansi di Saudi Arabia dan dari dalam lingkungan kerajaan.
  • Dua tahun terakhir secara bertahap yaitu penyelenggaraan haji visa furoda sudah mulai diatur pengawasan dan pengendaliannya oleh Kementerian Haji di Saudi Arabia.
  • Visa haji furoda tidak mengambil jatah dari kuota haji regular. Hal ini sudah berlangsung dari 5 tahun terakhir. Dari data yang diterima, visa ini selalu meningkat dan saat ini sudah 70 ribu dari seluruh dunia. Pada 2017, visa haji furoda masuk ke Indonesia dan sudah terdapat 8 ribu yang menggunakan visa haji ini dan akan selalu meningkat.
  • Orang-orang yang dipercaya akan diberikan visa furoda di masing-masing negara sekaligus username dan password-nya. Dalam prakteknya, sesungguhnya tidak ada perbedaan dengan visa haji khusus maupun regular yaitu sama-sama menggunakan e-hajj namun hanya berbeda pada kuotanya saja.

Serikat Penyelenggara Umroh Haji Indonesia (Sapuhi) → Sekretaris Jenderal

  • Berangkat haji dengan kuota nasional bisa menjadi ribuan dan tentu dalam tahunan bukan waktu yang tepat.
  • Dengan visa haji furoda, calon jamaah haji menunggu waktu keberangkatan hingga 7-8 tahun.
  • Jamaah haji non kuota merupakan orang-orang berhaji menggunakan kuota pemerintah Kerajaan Saudi Arabia dengan visa khusus yang disediakan oleh pemerintah Kerajaan Saudi Arabia dengan nama visa haji furoda. Hingga saat ini, hubungan dengan keluarga Kerajaan Saudi Arabia berjalan cukup
    baik. Pengajuan visa haji furoda tergantung kedekatan dengan pihak kerajaan Saudi Arabia.
  • Jamaah haji visa furoda adalah jamaah haji yang resmi dengan visa haji yang legal dan diturunkan dari Kerajaan Saudi Arabia. Pada pemrosesan visanya, sama dengan e-hajj
    yang diperuntukkan oleh jamaah haji kuota Departemen Agama (haji regular atau haji on-plus). Oleh karena itu, harus melalui proses-proses yang sama dengan implementasi e-hajj di sitem pendaftaran haji.

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri)

  • Visa furoda diberikan dari keluarga Kerajaan Saudi Arabia dan pihak swasta sebagai penjamin dan memasarkan visa furoda.
  • Hampir tidak benar bila dikatakan ada jamaah haji visa furoda yang menyerang tenda jamaah haji regular karena visa furoda sudah masuk dalam paket.
  • Sistem dapat terbuka ketika mendapatkan kata kunci dan dari hal tersebut, baru memperoleh e-hajj dan memperoleh paket visa furoda. Di Arafa terdapat maktab furoda.

Download File Rangkuman

Info Haji Furoda 2021, Biaya Ekonomis Fasilitas Bintang 5, Legal & Amanah Cek Dulu Yuk!

Scroll to Top
Konsultasi via WA