Haji 2023 diikuti oleh 1,84 juta jemaah dari 150 negara

MAKKAH — Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Tawfiq Al-Rabiah mengatakan pada jumpa persi di hari Selasa, 27 Juni 2023,  bahwa jumlah jamaah yang datang untuk menunaikan ibadah haji tahun ini mencapai 1.845.045 orang dari lebih dari 150 negara.

Berbicara dalam konferensi pers di sini pada hari Selasa, menteri mengumumkan keberhasilan rencana untuk membantu peziarah naik ke dataran Arafah, dan penyelesaian kedatangan mereka tepat pukul 10 pagi, karena tingkat kepatuhan dalam pergerakan peziarah mencapai 98 persen.

Al-Rabiah menekankan persiapan awal telah dilakukan untuk haji tahun ini, melalui pembentukan pusat untuk mengelola semua tugas dan proyek yang berkoordinasi dengan semua sektor pemerintah.

“Tahun ini kita melihat rencana pengelompokan dan penaikan jamaah dilakukan dengan mudah, dan hasilnya sudah terlihat lebih awal,” katanya.

“Terkait dengan penggunaan teknologi pintar, kami telah mengembangkan dan memperluas layanan kartu pintar untuk jemaah, di mana jemaah dapat mengakses lokasi mereka di dalam Tempat Suci.

Baca juga: Haji Furoda 2024

“Kami juga telah bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang peta untuk memastikan bahwa lokasi kampanye tercermin dalam sistem elektronik,” tambah menteri.

Patut dicatat bahwa Otoritas Umum Statistik mengumumkan bahwa jumlah jemaah haji asing yang berasal dari negara-negara Arab berjumlah 346.214 yang mewakili 21 persen.

Sementara jemaah dari negara-negara Afrika, tidak termasuk negara-negara Arab, mencapai 221.863 (13,4 persen), sedangkan jumlah jemaah dari Eropa, Amerika, Australia, dan negara-negara lain yang tidak terklasifikasi mencapai 36.521 atau 2,1 persen.

Di antara jemaah haji, sebanyak 1.593.271 jemaah tiba melalui bandara, sementara 60.813 jemaah tiba melalui pelabuhan darat, sedangkan 6.831 jemaah tiba melalui pelabuhan laut.

Otoritas menunjukkan bahwa jumlah negara yang mendapat manfaat dari Inisiatif Jalan Makkah mencapai tujuh negara, dan jumlah penerima manfaat dari inisiatif ini mencapai 242.272 jamaah pria dan wanita.

sumber: Saudi Gazzette

Scroll to Top

Dapatkan Penawaran Lengkap Haji Furoda 2024/1445 H

Silahkan isi formulir berikut ini, Kami akan mengirimkan file penawaran lengkap Haji Furoda 2024 melalui email/WA yang Bapak/Ibu Isi.
Contoh: Palembang, Sumsel