Haji 2020 Resmi di Laksanakan

Haji 2020 Resmi Dilaksanakan Dengan Jemaah Terbatas

hajifuroda.id –  RIYADH — Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah resmi memutuskan untuk tetap menyelenggarakan ibadah haji tahun 2020 ini. Namun, dengan jumlah jemaah yang dibatasi guna mencegah penyebaran Covid-19. Mereka yang diperbolehkan menunaikan ibadah haji tahun ini adalah warga, termasuk warga asing dari berbagai negara, yang tinggal di Saudi atau dalam hal ini pelaksanaan Haji tahun 2020 ini khusus jemaah domestik yang tinggal/menetap di Arab Saudi saja.

Dalam rilis resminya, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi memandang, “bahwa penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) pada lebih dari 180 negara di seluruh dunia, dengan jumlah kematian yang cukup tinggi yaitu hampir setengah juta, dan lebih dari 7 juta orang terinfeksi di seluruh dunia.”

Pemerintah Arab Saudi menyatakan, bahwa keputusan itu diambil guna memastikan pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 tetap berlangsung aman. Kerajaan pun akan selalu memantau semua tindakan terkait pencegahan dan penerapan protokol jaga jarak sosial guna mencegah adanya penularan Covid-19 di kalangan jemaah haji nantinya.

Dikutip dari saudi gazzette pada konferensi pers bersama di hari Selasa (23/6) Menteri Kesehatan Saudi, Tawfiq Al-Rabiah dan Menteri Haji dan Umrah Muhammad Saleh Benten mengumumkan protokol haji yang nantinya sangat ketat.

Jemaah haji domestik tak boleh melebihi 10 ribu jemaah. Seluruh jemaah juga harus menjalani tes kesehatan, berusia di bawah 65 tahun, tak mempunyai penyakit bawaan, dan akan dipantau kesehatannya setiap hari oleh petugas. Selepas melaksanakan ibadah haji, mereka juga harus menjalani karantina mandiri.

Para petugas dan relawan yang membantu pelaksanaan ibadah haji juga harus menjalani tes kesehatan. Protokol jaga jarak juga akan diterapkan lebih ketat. “Kami bekerja dengan Kementerian Kesehatan mengembangkan tindakan preventif dan protokol untuk menjamin keselamatan ibadah haji,” kata Benten.

Semoga Allah mudahkan pelaksanaan haji tahun 2020 ini, dan semoga Allah angkat wabah ini dari muka bumi. Aamiin Allahumma Aamiin.

sumber:

saudinesia.com
ihram.co.id

Info Haji Furoda 2021, Biaya Ekonomis Fasilitas Bintang 5, Legal & Amanah Cek Dulu Yuk!

Scroll to Top
Konsultasi via WA