Jangan Bersedih, Ramadhan Akan Datang

Jangan Bersedih Ramadhan Akan Datang

Tak terasa bulan Ramadhan akan menghampiri kita, mungkin saat ini kita masih dilanda kebingungan atas sebagian nikmat yang mungkin kita berfikir bahwa kurangnya nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Jangan bersedih saudaraku, setiap manusia pasti memiliki rasa takut, ditambah lagi saat ini hampir seisi bumi sedang dilanda pandemi Virus Corona Covid-19.

Dengan datangnya bulan ramadhan kita hendaknya mempersiapkan diri kita untuk berbagai hal yang dapat memberikan banyak keutamaan bagi diri kita dan keluarga kita.

Permohonan terbesar kita adalah Semoga Allah ampuni dosa-dosa kita selama bulan Ramadhan nanti. Aamiin.

Daftar Isi

Puasa Ramadhan menghapuskan dosa

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan ingin mendapatkan pahala, maka diampuni semua dosanya yang telah lewat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Shalat malam di bulan Ramadhan menghapuskan dosa

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melaksanakan shalat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan ingin mendapatkan pahala, maka dia diampuni semua dosanya yang telah lewat.” (HR. Muslim)

Sedekah menghapuskan dosa

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,

أَلاَ أَدُلُّكَ عَلَى أَبْوَابِ الْخَيْرِ الصَّوْمُ جُنَّةٌ وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ وَصَلاَةُ الرَّجُلِ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ

“Maukah aku tunjukkan kepadamu pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai. Bersedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api. Dan shalat seseorang di kegelapan malam …(HR. Tirmidzi)

Shalat pada malam lailatul qadar menghapuskan dosa

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berdiri (menunaikan shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan (penuh) keimanan dan pengharapan (pahala), maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari & Muslim)

Zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa

Ibnu Abbas mengatakan

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitri, sebagai penyuci orang yang berpuasa dari perbuatan yang menggugurkan pahala puasa serta dari perbuatan atau ucapan jorok, juga sebagai makanan bagi orang miskin.” (HR. Abu Daud)

Celaka, bagi yang Tidak mendapat Ampunan

Begitu banyak ampunan di bulan Ramadhan, sehingga apabila ada yang tidak diampuni di bulan Ramadhan maka benar-benar “keterlaluan” jeleknya. Dalam suatu hadits disebutkan bahwa orang yang tidak diampuni di bulan Ramadhan akan mendapatkan celaka dan kerugian yang besar.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda,

رَغِمَ أَنْفُ عَبْدٍ – أَوْ بَعُدَ – دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ فَلَمْ يُغْفَرْ لَهُ

“Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni.” (HR. Ahmad, shahih)

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H

Berikut ini adalah Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H tahun 2020 yang dirilis oleh Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Jadwal Imsakiyah 1441 H ini dibuat lengkap untuk seluruh wilayah Indonesia, anda dapat mengunduh dan mengekspornya ke dalam format excel untuk digunakan sesuai keperluan anda. Semoga jadwal ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin di Indonesia.

Info Haji Furoda 2021, Biaya Ekonomis Fasilitas Bintang 5, Legal & Amanah Cek Dulu Yuk!

Scroll to Top
Klik untuk Bertanya
1
Bantuan Online
Silahkan klik untuk berbicara melalui pesan Whatsapp bersama konsultan Haji Furoda